Hiking di Ciwangun Indah Camp Lembang

Travelling 11 Agt 2022

Setelah bekerja puluhan jam dalam seminggu, weekend menjadi salah satu angin segar untuk merefresh pikiran dan tubuh. Minggu ini kami akan hiking lagi, Yeeah!

Lembang memang jadi destinasi favorit untuk aktivitas hiking, karna selain dekat dari Kota Bandung, akses jalan kesana juga banyak jadi tak perlu khawatir kalau kena macet, karna banyak jalan alternatifnya. Pagi ini kami janjian dengan beberapa teman kuliah Dadit, Adit, dan Sheilla, untuk ketemu di Griya Setrasari, Pasteur.

Untuk menuju Ciwangun indah camp ada beberapa alternatif seperti yang ada di maps ini:

Rute menuju CIC

Dari maps diatas kita punya 3 rute alternatif, pagi ini kami memutuskan untuk memilih rute yang pertama, rute ini bisa dilalui mobil ya jadi tenang aja, gambar diatas cuma sebagai ilustrasi.

Btw, kenapa kami memilih hiking ke Ciwangun Indah Camp?
Karna udah di survey sebelumnya hahaha...

Ya, jadi sebelum ngajakin Sheila, Adit dan Dadit untuk hiking kesini, kami berdua (Salman dan Gwen) udah survey trek di minggu sebelumnya untuk melihat rute yang mungkin bisa dilalui, karna memang untuk beberapa spot belum ada penunjuk arah.

Selain itu, alasan lainnya adalah karna tempat ini satu-satunya lokasi hiking yang menawarkan banyak spot foto, ada kebun teh, Curug (air terjun), hutan pinus, dan aliran sungai yang bisa dilalui. Jadi why not?

Foto-foto waktu survey,

Survey gini seru juga loh karna sering nyasar, dan pada akhirnya malah menemukan tempat-tempat baru diluar jalur yang biasanya dilalui sama orang-orang kebanyakan. Harusnya kalau mengikuti aplikasi Alltrails, rute untuk hiking di sekitar CIC itu cuma seperti ini, muter aja sampai kembali ke titik awal.

Rute hiking di Ciwangun Indah Camp di Aplikasi All Trails

Tapi waktu survey kami bukan start dari Ciwangun indah camp, tetapi dari bawah lagi yaitu dari Curug Leuwi Opat. Sehingga kami melewati 3 curug, yaitu Curug Leuwi Opat, Curug Aseupan dan paling ujung ada Curug Putri seperti di Maps ini:

Curug Leuwi Opat

Nah balik lagi ke Hiking yang sebenarnya, pas hiking yang bersama teman-teman kami memilih rute memutar seperti pada gambar sebelumnya di aplikasi Alltrails, karena untuk menyingkat waktu dan juga biar ga terlalu capek, maklum yang diajak udah pada berumur 🤣🤣

Sampai di gerbang masuk CIC, kami membeli tiket masuk seharga 15.000 rupiah per orang, di sekitar gerbang juga banyak warung dan saung kalau ingin membeli makanan dan minuman, kelupaan untuk difoto bagian sekitar gerbang. Di CIC juga sudah ada fasilitas toilet dan Masjid juga untuk teman-teman yang mau Sholat.

Dengan mengikuti maps, jalur yang dilalui akan melewati kebun teh, kemudian menuju Curug Putri sebagai titik akhir, kemudian kembali lagi ke gerbang masuk. Untuk waktu tempuh, karna kami jalan santai dan suka berhenti untuk foto-foto, kalau ditotal sekitar 2-3 jam, sudah termasuk main air di Curug Putri sekitar 30 menit.

Foto-foto waktu hiking bareng:

Seruuu bangeeet!

Memang hiking lebih seru kalau rame-rame daripada cuma berdua, kalau berdua jadinya lebih romantis 😍😍
Kalian juga bisa bikin games bareng, atau bawa bekal untuk pesta kebun bareng. Beberapa orang juga terlihat membawa kompor mini untuk masak bareng, seru banget pokoknya.

Overall, spot hiking ini menjadi spot yang paling favorit untuk fun hiking dan ga perlu persiapan khusus karna treknya juga cukup terawat dan aksesnya bagus.

Sampai jumpa di cerita hiking selanjutnya. Cheers!

Tag

Salman Farozi

Backpacker yang suka jalan-jalan, masak dan makan. Living in the moment.