Apa itu Employer Branding?

Employer branding ini masih ada kaitannya dengan branding, kalau biasanya yang kita bahas itu tentang branding sebuah produk kali ini kita akan bahas branding mengenai perusahaan yang menciptakan produk itu. Dalam employer branding ini sebenarnya akan membahas lebih banyak ke arah Internal Perusahaan yang akan ditampilkan ke Publik.

Apa Pentingnya Employer Branding?

Untuk menjawab pertanyaan ini, ada beberapa pertanyaan yang lebih spesifik untuk menjelaskan pentingnya employer branding untuk setiap perusahaan. Yuk simak beberapa pertanyaan dibawah ini:

  1. Kenapa seorang karyawan mau bekerja untuk perusahaan anda?
  2. Berapa persen manajer yang telah menerima training untuk menyampaikan value dari brand perusahaan?
  3. Apa persepsi calon karyawan terhadap perusahaan anda?
  4. Seberapa jelas perusahaan melihat talenta dari setiap karyawan ?
  5. Berapa persen karyawan yang akan merekomendasikan perusahaan anda sebagi tempat yang bagus untuk bekerja?

Dari jawaban-jawaban pertanyaan ini akan merefleksikan betapa pentingnya employer branding untuk setiap perusahaan ditengah ketatnya persaingan talenta sumber daya manusia. Di Indonesia mungkin yang butuh pekerjaan sangat banyak, tapi yang mempunyai skill dan talenta sesuai dengan kebutuhan perusahaan bisa dibilang sangat terbatas. Ditambah dengan banyaknya perusahaan kompetitor yang membutuhkan talenta-talenta tersebut, persaingan pencarian SDM menjadi sangat keras.

Di era teknologi sekarang banyak sekali muncul portal-portal review employer yang sebagian besar tentunya ditulis oleh karyawan-karyawan yang pernah bekerja di perusahaan tersebut. Sebagai contohnya ada Qerja.com, Glassdoor.com, dan Jobplanet.com.

Dari portal-portal itu para calon karyawan akan dengan mudahnya mendapatkan review sebuah perusahaan baik yang diperoleh langsung dari orang yang pernah atau sedang bekerja di perusahaan tersebut. Selain itu mereka juga bisa mendapatkan informasi range gaji dari setiap posisi di perusahaan.

Kembali lagi ke pertanyaan “Berapa persen karyawan yang akan merekomendasikan perusahaan anda sebagi tempat yang bagus untuk bekerja?
Pertanyaan ini menampilkan bukti bahwa seberapa bagus value brand dari employer yang dipersepsikan oleh karyawannya, dan informasi ini dapat diperoleh juga dari portal-portal diatas.