Dalam buku ini Napoleon hill akan membagi beberapa kisahnya tentang tips-tips dalam menghadapi berbagai situasi di dalam kehidupan untuk menuju sebuah kesuksesan.

Kita menciptakan hidup kita melalui pikiran kita, dan ini dapat mengarah pada kesuksesan transformatif. Pernahkah Kamu bertemu seseorang yang memancarkan rasa percaya diri total dan tampaknya berhasil dalam segala hal yang dia tangani? Mungkin Kamu mengira dia terlihat sombong, atau kamu merasa cemburu karena dia sepertinya tahu rahasia sukses dan kamu tidak.

Tapi inilah masalahnya:

kita semua bisa menciptakan kehidupan yang kita inginkan. Rahasianya hanyalah bagaimana kita menggunakan pikiran kita.

Salah satu metode yang ampuh adalah melalui sugesti, yang memungkinkan kamu membentuk cara kamu berkembang sebagai individu dengan memberi asupan makanan untuk pikiran dan gambaran yang bisa menginspirasi. Penulis (Hill) memiliki praktik rutin memikirkan pertemuan imajiner dimana dia akan duduk dan mengobrol dengan tamu yang terhormat dan menginspirasi seperti Abraham Lincoln, Socrates, Napoleon, dan Aristoteles.

Selama pertemuan imajiner ini, Hill akan fokus pada karakteristik tertentu dari tamunya yang ingin dia buat sendiri. Misal dalam kasus Lincoln, dia berharap menggunakan kemampuannya untuk bersikap adil, membantu orang lain, dan menjadi berani dalam menemukan cara baru dalam melakukan sesuatu.

Setiap malam Hill menghabiskan satu jam untuk melakukan latihan ini, menambahkan lebih banyak sosok yang menginspirasi ke pertemuannya sebagaimana dia akan mempelajarinya. Dia menemukan bahwa dengan menggunakan sugesti untuk fokus pada sebuah pemikiran yang menginspirasi, kamu dapat mengubah hidupmu dan menemukan kesuksesan.

Dalam kasus Hill, sugesti memungkinkannya untuk mengatasi ketakutannya berbicara di depan umum dan fokus pada kualitas orator yang sukses, seperti pendeta abolisionis, Henry Ward Beecher.Setelah menerapkan metode sugesti ini selama seminggu, Hill menerima tepuk tangan meriah dan undangan balasan setelah pidatonya yang sangat sukses.

Setahun kemudian, dia berkeliling negeri sebagai salah satu pembicara paling dicari di AS. Dia bahkan menerima penghargaan untuk pidatonya tahun 1920 di sebuah konvensi di Pittsburgh dari Associated Advertising Clubs of the World. Dan itu semua dimungkinkan oleh kekuatan pikiran.

Shakespeare mengajari kita bagaimana cara mendapatkan kepercayaan siapa pun pada kunci sukses yang lainnya. Masalah yang sulit membutuhkan solusi kreatif. Namun, dalam hal mengembangkan ide-ide hebat ini, ada dua kesulitan: pertama mengembangkan ide dan kedua adalah meyakinkan orang betapa hebatnya ide itu. Seringkali, masalah terakhir adalah yang paling sulit dipecahkan.

Jika kamu ingin meningkatkan keterampilanmu dalam meyakinkan orang lain, maka guru terbaikmu bukanlah seorang guru atau pengusaha, melainkan penyair dan penulis drama William Shakespeare. Dalam lakonnya Julius Caesar, kita bisa melihat bagaimana jalan untuk mengubah pikiran seseorang dimulai dengan memihaknya. Selama pemakaman Caesar, Marc Antony mencoba mengubah pikiran orang-orang yang hadir untuk melihat temannya Caesar sebagai pria hebat.

Cukup menantang, karena orang pertama yang berbicara kepada orang banyak adalah Brutus, pria yang membunuh Caesar yang memberikan pidato berapi-api yang meyakinkan semua orang tentang betapa jahatnya Caesar. Setelah Brutus selesai, giliran Marc Antony untuk berbicara. Dia tahu dia tidak dapat menyelesaikan tugasnya dengan memaksakan posisinya kepada orang banyak dan menentang apa yang dikatakan Brutus, jadi dia memulai dengan memuji Brutus dan menyetujui bahwa Caesar harus dilupakan.

Hal ini memungkinkan Marc Antony dengan cepat menarik perhatian orang yang hadir. Dia kemudian mulai memberi pendengarnya ide-ide baru, seperti seberapa banyak yang dilakukan Caesar untuk penduduk Roma, dia bahkan menulis dalam surat wasiatnya bahwa dia ingin kekayaannya diberikan kepada orang-orang Romawi! Perlahan tapi pasti, pujian Marc Antony untuk Brutus berubah dari tulus, menjadi ironis, dan akhirnya memberatkan.

Akhirnya, Marc Antony mampu sepenuhnya mengubah suasana kerumunan, sedemikian rupa sehingga mereka mengutuk Brutus karena membunuh Caesar dan mengusirnya dari Roma. Teknik seperti itu dapat dengan mudah ditransfer ke dunia profesional.

Penulis pernah melihat metode ini digunakan dengan sangat efektif oleh seorang pengacara yang merupakan mahasiswa dari Shakespeare. Ketika dia mulai berbicara kepada juri, dia tidak melakukannya dengan menyerang lawannya. Sebaliknya, dia membuat daftar semua komentar positif yang dibuat pihak lawan dan setuju bahwa mereka membuat poin bagus. Dengan melakukan itu, dia mendapatkan perhatian dan kepercayaan juri, dimana dia mulai membuat daftar semua kekurangan dalam kasus lawan. Akhirnya, dia menang dalam persidangan tanpa banyak kesulitan.

Sugesti positif dapat meningkatkan kinerja di tempat kerja dan bahkan membuat orang menjadi lebih sehat.

Jika kamu memikirkan kembali kehidupanmu, dapatkah kamu mengingat saat ketika kamu merasa benar-benar termotivasi setelah dikritik atau dipermalukan dengan keras? Mungkin tidak, karena jika kamu ingin seseorang melakukan sesuatu, cara terbaik adalah melalui pengulangan pengaruh yang positif. Dengan kata lain, jika kamu ingin meningkatkan kinerja karyawan, kamu perlu menggunakan sugesti positif, bukan negatif.

Penulis mengenal seorang manajer yang tidak pernah mengkritik para pekerjanya. Sebaliknya, dia akan berjalan-jalan di kantor dan memuji setiap pekerja satu per satu atas kinerja bagus mereka. Saat melakukan itu dia akan selalu memberikan saran halus bahwa mereka dapat melakukan lebih baik jika mereka mencobanya. Pada suatu kesempatan, manajer harus berurusan dengan seorang karyawan yang efisiensinya menurun drastis dalam beberapa minggu terakhir. Tetapi dalam hal ini sugesti positif juga yang berhasil.

Manajer itu tahu bahwa mengkritiknya karena penurunan efisiensi hanya akan menurunkan moral karyawan. Jadi dia mendekati karyawan itu dan meletakkan tangannya di bahunya dan mengatakan kepadanya bahwa dia terkesan dengan kecepatan pekerjaannya yang meningkat dan hal itu menjadi contoh yang sangat baik bagi karyawan lain. Hebatnya, di penghujung hari yang sama, efisiensi karyawan meningkat 25 persen.

Jika kamu seorang Sales, kamu akan sangat mudah merasakan manfaat dari sugesti positif. Misalnya dengan menjadikan itu sebagai bagian dari promosi penjualanmu: saat memperkenalkan produk kepada pelanggan, sebutkan bahwa meskipun itu adalah produk baru mereka pasti akan segera menyadari betapa bermanfaatnya produk itu karena berbagai fiturnya.

Dengan cara ini, pelanggan tidak akan berpikir bahwa kamu mencoba meyakinkannya tentang apa pun. Sebaliknya dia akan sampai pada keputusan bahwa memang produk ini berkualitas bagus yang tanpa disadari bahwa sebenarnya kamu sudah mempengaruhinya.

Terakhir, kekuatan sugesti positif juga dapat meningkatkan kesehatanmu. Hill mengenal seorang dokter yang dapat meyakinkan pasien yang sakit bahwa kesehatan mereka membaik. Benar saja, banyak pasien yang menderita penyakit seperti pneumonia yakin dengan sugesti positifnya dan mulai pulih.

Gunakan kekuatan doa dan hukum karma untuk kesepakatan bisnis yang lebih baik. Ketika kamu berdoa untuk sesuatu, pikiran pertamamu mungkin adalah berdoa untuk diberikan sebuah keberuntungan, atau agar orang lain sembuh. Doa juga dapat digunakan untuk hal-hal yang lebih praktis, seperti peningkatan kinerja bisnismu.

Dalam berdoa, kamu tidak harus percaya pada keyakinan tertentu, atau bahwa satu tuhan lebih baik dari yang lain. Menurut Hill, ketika kamu berdoa itu berarti kamu mengirimkan pemikiran ke alam semesta, dan pikiran ini dapat bertindak seperti gelombang listrik yang memengaruhi kesuksesan bisnismu atau apa pun yang mungkin menjadi tujuan doa mu.

Suatu hari, ketika Hill sedang menegosiasikan kesepakatan bisnis, tawaran yang dia buat kepada calon mitra bisnis barunya ditolak. Jadi dia mengirimkan doa agar calon mitranya berubah pikiran dan menerima tawaran itu. Dan ajaibnya, dua menit setelah dia berdoa, itulah yang terjadi.

Hal lain yang dapat menguntungkan bisnismu adalah hukum karma, yang menyatakan bahwa orang akan bertindak baik terhadapmu  saat kamu bertindak terhadap mereka dan begitu juga sebaliknya. Ini mungkin terdengar sederhana, tetapi itu juga salah satu cara paling efektif untuk menemukan kesuksesan. Dengan prinsip ini, kamu dapat membuat siapa pun melakukan apa saja yang kamu inginkan, selama kamu melakukan sesuatu untuknya terlebih dahulu.

Jika kamu ingin seseorang memberi kamu sesuatu misalnya, berikan dia sesuatu terlebih dahulu. Misalkan seorang anak laki-laki dan temannya sedang makan siang di taman bermain dan seorang anak laki-laki mencoba mengambil camilan dari yang lain tanpa meminta. Kemungkinannya satu-satunya hal yang akan didapat anak laki-laki ini adalah pukulan di lengan. Tetapi apa yang terjadi jika anak laki-laki itu mulai dengan menawarkan salah satu makanan ringannya sendiri kepada temannya? Teman tersebut kemungkinan besar akan menawari anak laki-laki itu camilan tanpa diminta.

Transaksi atau cara seperti ini juga berlaku dalam bisnis. Jika kamu ingin kolegamu yang lebih sukses merekomendasikan kamu kepada salah satu mitra bisnis mereka, hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah memuji kolega tersebut kepada beberapa kontakmu.

Keyakinan diri adalah bagian penting dari kesuksesan dan dapat ditingkatkan melalui afirmasi.

Banyak orang menjalani hidup dengan dua tujuan utama: kekayaan materi dan kebahagiaan. Kabar baiknya adalah kamu dapat mencapai keduanya hanya dengan satu karakteristik: Percaya Diri

Seberapa penting kepercayaan diri? Nah, sebagai permulaan, kamu tidak akan pernah bahagia tanpa adanya percaya diri karena jika kamu berharap mendapatkan hal-hal yang kamu inginkan dalam hidup, pertama-tama kamu harus percaya bahwa kamu layak mendapatkannya dan itu membutuhkan kepercayaan diri.

Kamu dapat bekerja siang dan malam, tujuh hari seminggu, tetapi tanpa kepercayaan diri, kamu tidak akan pernah menghasilkan banyak uang karena itulah yang diperlukan untuk memanfaatkan peluang, mengambil risiko, dan menjadi inovatif. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara mengembangkan rasa percaya diri? Ini semua tentang menyadari bahwa hidup dan kebahagiaanmu ada di tanganmu bukan di tangan orang lain. Kamu perlu mulai mengambil tanggung jawab penuh atas hidupmu dan menghargai bahwa tanggung jawab berhenti bersamamu.

Begitu kamu berhenti percaya bahwa orang lain bertanggung jawab atas keberuntungan atau kemalanganmu, kamu dapat mulai melihat bahwa kamu adalah kunci kesuksesan dirimu sendiri. Ketika ini terjadi, kamu akan menemukan bahwa kamu memiliki akses ke sumber energi dan daya juang tanpa batas yang memungkinkanmu mencapai tujuan yang paling menantang.

Untuk membantu memahami pergeseran pemahaman ini, gunakan afirmasi. Afirmasi hanyalah pikiran positif yang dapat kamu ulangi dan fokuskan hingga menjadi kenyataan.

Beberapa sugesti positif yang kuat meliputi:

Aku tahu bahwa aku dapat mencapai apa pun yang kurencanakan. Aku tahu bahwa jika aku benar-benar mempercayai ini, dan bertindak sesuai itu, kesuksesan akan menjadi milikku.
Aku tahu bahwa apa pun yang aku pikirkan pada akhirnya akan menjadi nyata di dunia ini, itulah sebabnya aku bisa memikirkan caraku menuju sukses. Setiap hari aku akan memikirkan menjadi orang yang ku inginkan hingga gambarnya begitu jelas dan menjadi kenyataan.
Mulai sekarang, Aku akan mulai dengan merencanakan dengan tepat apa yang ingin ku lakukan, dan kemudian aku akan fokus sepenuhnya pada rencana ini sampai menjadi kenyataan.

Jika kamu mempraktikkan afirmasi ini setiap hari, kamu pasti akan melihat kepercayaan diri dan hidupmu yang semakin meningkat.

Sugesti  juga dapat membantu membangun kebiasaan yang bermanfaat. Kamu tidak akan gampang menyerah jika menghadappi sebuah masalah di dalam pekerjaan.

Jika kamu ingin mengubah ide menjadi bisnis yang sukses, yang diperlukan adalah sebuah ketekunan.

Jika kamu merasa tidak memiliki kemauan untuk bertahan pada tugas yang cenderung mulai tidak menarik, ada solusi sederhana yaitu dengan mengembangkan kebiasaan yang akan membuatmu tetap gigih dalam mencapai kesuksesan. Mengembangkan kebiasaan baru dan bermanfaat adalah cara yang bagus untuk mencapai tujuanmu tanpa harus terlalu menggantukan pada sebuah kemauan yang keras.

Jika kebiasaanmu saat ini adalah tidur sampai tengah hari dan melewati hari itu dengan merasa bosan dan selalu mengantuk, ini akan membutuhkan kemauan yang besar untuk tiba-tiba kamu mulai bangun jam enam pagi. Tetapi kamu dapat mengubah bangun jam 6 pagi menjadi kebiasaan dengan mengulanginya cukup sering, sehingga menjadikannya bagian yang tertanam dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya, bangun pagi itu akan terjadi secara alami tanpa adanya kemauan keras.

Menggunakan teknik ini dapat mengisi harimu dengan kebiasaan positif, seperti memulai pagi hari yang cerah dengan berolahraga, membaca untuk mempelajari keterampilan baru dan selalu memanfaatkan kesempatan untuk berkomunikasi dengan relasi bisnis baru. Mungkin ini agak berlebihan, tetapi terlibat dengan kebiasaan ini akan membuatmu bersemangat dan dengan kekuatan keinginan yang lebih kuat ini dapat kamu gunakan untuk melakukan pekerjaan yang baik dan sukses.

Ketika dalam tahap awal yang sulit dalam membentuk kebiasaan baru, sugesti  dapat membantu. Lagi pula, jika kamu hanya bergantung pada jam alarm untuk membuatmu bangun dari tempat tidur pada pukul 6 pagi, ada kemungkinan kamu akan mematikan alarm, ngulet sebentar, dan kembali tidur.

Berikut ini adalah beberapa penambahan yang sugesti dapat berguna:

Beberapa kali sehari, luangkan beberapa menit untuk membayangkan dirimu bangun dengan perasaan berenergi, cukup istirahat dan dengan kemampuan untuk bangkit dari tempat tidur. Saat memvisualisasikan proses ini, gambarkan setiap detail. Mungkin kamu mulai dengan menguap, lalu meregangkan lengan sebelum bangun dan bangun dari tempat tidur.

Dengan bantuan sugesti, proses ini akan berpindah dari pikiran kamu ke tubuhmu dan bangun lebih awal akan segera menjadi kebiasaan sehari-hari tanpa usaha.

Kita harus mengisi lingkungan kita dengan pengaruh positif, dan menyingkirkan pengaruh negatif dari diri kita.

Bukan kebetulan bahwa siswa yang bersekolah di sekolah terbaik cenderung menjadi peneliti, politisi, dan seniman terkemuka kita. Seperti kita semua, mereka dibentuk oleh lingkungan mereka, dan dalam kasus sekolah kelas dunia, dibentuk menjadi profesional kelas dunia.

Disadari atau tidak, kamu terus-menerus dipengaruhi oleh lingkungan dan kondisi disekitarmu, karena apa yang kamu hadapi setiap hari akan memengaruhi pikiranmu, dan pikiranmu memainkan faktor yang sangat besar dalam menentukan apa yang terjadi dalam hidupmu.

Ketika kamu mempertimbangkan hal ini, akan sangat masuk akal jika kamu memilih dengan cermat lingkungan yang tepat yang akan membantumu mencapai tujuan yang telah kamu tetapkan untuk dirimu sendiri.

Jika kamu berharap menjadi pengusaha yang sukses, maka masuk akal untuk tinggal di dekat pengusaha sukses lainnya, atau setidaknya menghabiskan waktu di tempat mereka bersosialisasi. Lingkungan terbaik tempatmu berada adalah lingkungan yang dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki tujuan yang sama dalam hidup atau karier, dan untuk menghindari berada di sekitar orang-orang pesimis dan berpikiran negatif.

Ketika kamu tahu apa yang ingin kamu capai, gambarkan setiap detail tentang seperti apa lingkunganmu yang sangat mendukung. Setelah kamu memiliki gambaran itu di benakmu, inilah saatnya untuk keluar dan menemukan tempatnya.

Tips untuk memperkuat ingatan termasuk teknik yang juga mempertajam daya pengamatan kita.

Berikut adalah skenario yang umum:

Kamu berada di sebuah pesta, dan kamu melihat seseorang yang akrab mendekatimu dengan senyuman dan sapaan ramah. Dia tahu namamu, tetapi kamu hanya bengong dan sepertinya tidak dapat mengingat namanya, atau dimana kamu bertemu dengannya.

Ada tiga langkah untuk merangkai ulang kumpulan memorimu:

Pertama adalah mulai memperhatikan. Jika kamu selalu melamun saat bertemu orang baru, kamu tidak perlu heran jika kamu lupa nama seseorang di kemudian hari. Demikian juga, jika kamu tidak memperhatikan dimana kamu memarkir mobilmu dan jalan mana yang kamu tuju, kamu pasti akan kesulitan menemukan jalan kembali nanti.

Mulailah memberi perhatian yang lebih baik dengan meluangkan waktu untuk melihat seseorang dengan cermat saat kamu pertama kali bertemu dengannya, dan untuk membentuk kesan penuh tentang orang itu.

Langkah kedua adalah membuat asosiasi. Ketika seseorang memberi tahu kamu namanya, kemungkinan besar kamu sudah familiar dengan sesuatu yang memiliki nama yang sama atau sangat mirip dengannya. Bisa jadi orang lain, tempat, produk favorit, atau apa pun yang sangat relevan denganmu dan kehidupanmu.

Misalnya kamu bertemu seseorang yang bernama "Ridwan", kaitkan dia dengan salah satu nama gubernur, misal Ridwan Kamil.

Langkah ketiga dan terakhir adalah kekuatan pengulangan. Jangan pernah meremehkan keefektifan mengulangi nama seseorang beberapa kali segera setelah perkenalan. Sebaiknya kamu juga mengingat nama tersebut dari waktu ke waktu selama beberapa hari ke depan. Jika Kamu melakukannya, kamu pasti akan menemukan diri kamu dengan memori yang lebih kuat dan lebih sedikit pertemuan yang canggung.

Tips lain untuk meningkatkan daya ingat adalah mempertajam indra kamu. Logikanya di sini adalah ketika kekuatan pengamatanmu kuat, begitu pula ingatanmu.

Berikut adalah praktik sederhana yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan daya pengamatan dan ingatanmu:

Mulailah dengan memasuki sebuah ruangan di rumahmu dan dengan cermat mengamati semua yang kamu lihat. Kemudian, keluarlah dari ruangan dan mulai tulis semua yang kamu ingat. Mengulangi latihan ini setiap hari, menggunakan ruangan yang berbeda, akan segera menemukan ingatan dan keterampilan observasimu semakin tajam.

Nah, sekarang kamu sudah tahu ringkasan dari buku Golden Rules karya Napoleon Hill, sekarang saatnya untuk mulai menerapkannya di kehidupanmu.