Begitu baca post instagram Women Works tentang Master Class yang akan berlangsung selama 10 sesi dengan tema-tema yang menarik tanpa pikir panjang gw langsung daftar, 250rb untuk 10 kelas buk! Affordable sangat untuk investasi utama a.k.a meningkatkan valuasi diri.

Tema yang pertama berjudul "Why Am I Here?" Intinya membahas tujuan, motivasi, values dan prioritas kita dalam hidup. Seminarnya dibawakan dengan cara interaktif, task pertama diminta untuk "living in the moment" dengan cara menuliskan ups, downs and okay moments dari masa kecil hingga hari ini yang nantinya akan dibuat grafik seperti ini

Setelah itu ditempatkan secara berpasangan di breakout room dan kita diminta untuk menjawab pertanyaan berikut sementara yang lainnya menjadi pendengar yang baik secara bergantian.

  1. Apa yang kamu pelajari tentang dirimu?
  2. Apa yang kamu pelajari dari momen bahagia kamu?
  3. Apa yang kamu pelajari dari momen sedih kamu?
  4. Apa dampaknya momen tersebut dalam hidup kamu secara personal, profesional, finansial dan lingkungan sekitar kamu?

Task selanjutnya diminta untuk membuat 5 kotak yang berisi 5 hal paling penting dalam hidup dan diminta untuk mengerucutkan menjadi tiga kotak, boleh dihilangkan atau digabungkan, contohnya seperti ini

Disesi akhir, tiga kotak tersebut dibuatkan sebuah slogan hidup
I WANT TO ........
BECAUSE ..........
SO THAT............

Atau sesuai dengan kotak diatas

I WANT TO belajar banyak ilmu dan memiliki banyak pengalaman yang mendatangkan rejeki baik

BECAUSE hal tersebut dapat bermanfaat bagi diri dan sesama

SO THAT saya akan mempunyai waktu untuk diri dan keluarga serta kestabilan spiritual, keuangan maupun mental agar bahagia dan bisa liburan bersama keluarga.

Wow, gw yang nggak punya ekspektasi apapun seketika tercerahkan.

Pertama, sebagai manusia sudah sebaiknya kita melatih mindfulness dalam keadaan apapun. Tidak terpuruk saat sedang jatuh dan tidak jumawa saat sedang lapang karena hidup itu dinamis. Selain itu juga dituntut untuk mengenal segala tindak-tanduk respon kita dalam menghadapi suatu masalah, apakah reaktif atau proaktif.

Kedua, belajar mengenal tujuan, motivasi, values dan prioritas gw dalam hidup. Tiga kotak diataslah adalah hal yang paling penting dalam hidup gw, kalau suatu saat dihadapkan oleh pilihan hidup yang mengorbankan minimal satu saja dalam kotak tersebut, sudah dapat dipastikan hidup gw akan terasa kurang.

Terakhir, merangkum semuanya.

Kita harus melatih sistem berpikir 2 menjadi sistem berpikir 1 dengan batasan value dan tujuan hidup secara proaktif dan antisipatif, apa itu sistem berpikir 1 dan 2? Google aja ya #wink

Pic : Infographic vector created by pch.vector - www.freepik.com