Kali ini gw akan menceritakan pengalaman dan strategi dalam mencapai target skor IELTS, agar kalian tidak tersesat serta membuang waktu dan uang kalian. Enjoy!  

Cara Belajar

Dengan kombinasi spaced repetition dengan gaya belajar versi visual (take the quiz here) sangat membantu gw dalam memahami materi IELTS ataupun pembelajaran lainnya.

Tentukan Target

Kapan tes/deadline-nya dan berapa target skor baik overall band ataupun per skills (jika pihak kampus/institusi mengatur).

Atur Strategi

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah cari tahu seberapa jauh kemampuan kalian, gw sangat menyarankan untuk ikut IELTS Mock Test (Googling aja ya, banyak yang gratis kok) ini sebagai acuan seberapa keras kalian belajar nantinya, wkwkwk.

Selanjutnya, bandingkan nilai mock test kalian dengan target overall band atau skills score syarat kampus/institusi tersebut. Kalau syaratnya hanya meminta overall band score, artinya kalian harus luangkan waktu "sedikit lebih banyak" di skills yang nilainya bagus (tapi tetap belajar skills lain ya) dengan target nilai setinggi mungkin. Kalau ternyata ada syarat per skills (umumnya writing skill min 6) artinya kalian harus belajar extra di skill tersebut.

Atur Jadwal Belajar

Jadwal belajar sangat dipengaruhi dengan deadline/kapan kalian ambil tesnya. Saran gw, ambil tesnya disaat kalian bener-bener PD. Ada yang menganalogikan lama belajar dengan kenaikan band score IELTS (ini hanya perkiraan saja), butuh 1-3 bulan untuk meningkatkan 1 poin di score IELTS (contoh overall score 5 mau naik ke 7, butuh 3-6 bulan persiapan).

Kalau gw, setiap hari wajib belajar IELTS selama 2 jam. Kadang bisa lebih dan kalau lagi bosen, gw mengakali dengan menukar jadwal skills (contoh lagi males writing ya gw tukar aja ke listening).

Selanjutnya, cara gw dalam memprioritaskan belajar berdasarkan :

  1. Skill dengan syarat khusus yang nilai gw rada payah (read: writing min score 6)
  2. Skill dengan nilai yang paling bagus, dengan harapan dapat ditingkatkan secara maksimal
  3. Skills lainnya

Pengalaman Belajar

Biasanya pertanyaan selanjutnya adalah "Terus lo belajarnya darimana gwen?" jawaban gw akan sangat personal, so be wise!

Ikut Les Institusi

Saat itu, gw langsung ikut les di salah satu institusi ternama di Bandung dan menurut gw cara pengajarannya kurang. Les yang gw harapkan adalah memberikan tips tricks dalam menghadapi pertanyaan-pertanyaan IELTS yang tricky dan penuh strategi. Di lembaga tersebut hanya seperti mengganti jam belajar kalian dirumah menjadi di kelas bersama teman, diselingi diskusi serta membiasakan kalian mengisi jawaban di kertas IELTS (download aja di google ya).

Setelah selesai les, gw malah makin nggak yakin bisa mencapai target score, tapi untungnya gw jadi tau berapa perkiraan juga perkembangan score IELTS gw, mengingat mock testnya sampai 3 kali (placement test, mid-test, dan final test).

Belajar Sendiri

Gw sangat mengandalkan Youtube kalau ini, berikut links rekomendasi gw:

IELTS Liz : Web ini banyak menginfokan tata cara ujian IELTS dan soal-soal writing yang pernah keluar di tes IELTS sebelumnya, juga cara menjawabnya.

E2 IELTS : Gw belajar banyak tentang tips trick dalam reading dan writing di channel ini

IELTS Online Test : Web ini andalan gw dalam belajar listening dengan simulasi yang mirip dan kalian juga bisa tahu berapa score kalian.

Ben Pinter : Kalau channel ini ngajarin Grammar dengan lebih ringkas

Selain itu gw juga beli 2 buku Cambridge IELTS edisi terbaru (cari di tokped aja) untuk simulasi tes IELTS > listening, reading, writing and speaking dalam sekali latihan ujian selama 2 jam 45 menit dengan keadaan tenang tanpa gangguan (anggap aja tes beneran).

Untuk speaking skill, gw dibantu teman-teman dan keluarga untuk mendapatkan kritik pedas. Selain itu, ikut english club sangat memudahkan mencari partner belajar, TB Bandung (offline meeting only) dan HEC (weekly online meeting).

Les Private

Les ini gw ambil karena gw pengen bisa mencapai target score writing yang tinggi. Awalnya ikut webminar gratisan dari beberapa lembaga les ternama di Jakarta (pas gw cari biaya lesnya, buseeet puluhan juta). Tak sanggup dengan biayanya, ternyata Allah memberikan solusinya. Guru tersebut buka les private, wah beneran rekomen deh!

Lembaga Penyedia IELTS Test

Waktu itu gw cari-cari tempat test IELTS di Bandung yang rekomen dan pilihan gw jatuh ke IDP Bandung simply just because dekat dari rumah gw dan mereka memberikan 1 bulan free online access untuk belajar 1 skill yang kalian pilih sendiri. #wink

Terakhir, good luck!

Picture resource : Note psd created by freepik - www.freepik.com