Artikel kali ini akan membahas cara membuat itinerary, budget dan sekaligus tips yang berguna untuk jalan-jalan kalian selanjutnya, untuk pengalaman selama di Lombok-Bali di artikel selanjutnya ya. Selamat berlibur tanpa kantong kendur!

Tentukan Jenis Perjalanan Kalian

Singkatnya mau secara koper atau backpacker? Ini adalah pertanyaan penting setelah kalian sudah tahu destinasi mana yang kalian kunjungi. Liburan ala koper, umumnya mengutamakan kenyamanan dan didukung budget yang lebih longgar.

Karena gw tipe yang tengah-tengah aja, gw akan merelakan beberapa hal demi mendapatkan kenyamanan selama liburan. So tips pertama gw adalah tentukan prioritas kenyamanan yang nggak bisa diganggu gugat, misal

  1. Hotel/penginapan dengan fasilitas oke tapi max budget 300-500rb/malam
  2. Pesawat dan kereta moda transportasi yang bisa ditolerir. Kalau naik bus, pilih yang aman karena takut ugal-ugalan.

Tentukan Tanggal

Pilih tanggal yang agak nyeleneh, cari selain tanggal merah dan sesuaikan juga dengan musim di daerah akan kalian tuju, googling deh saat musim itu festival atau tempat mana yang rekomen untuk dikunjungi, bisa jadi list untuk itinerary kalian.

Karena hidup direncanakan, begitu pula dengan liburan.

Kita udah punya rencana liburan untuk beberapa tahun kedepan, tujuannya sih simple biar bisa nabung. Jadi kalau liburannya agak jauh atau mahal ya geser aja ke tahun yang lebih jauh.

Booking in Advanced

Catat tanggal kapan e-commerce yang menjual jasa akomodasi kasih diskon gede-gedean. Hal yang wajib dipantau :

  1. Tiket pesawat, biasanya beberapa hari sebelum diskon gede-gedean dimulai, udah catat tuh berapa harga tiket berbagai maskapai. Jadi pas hari diskonnya kalian beli yang paling cost effective and efficient plus tanpa takut kehabisan kuota (jangan kaya kebanyakan orang lainnya, mau pergi naik apa dan tinggal dimana carinya disaat itu juga, ya keburu habislah kuotanya, hadeh). Sejauh pengalaman gw, tiket.com yang paling banyak kasih diskon #wink, kalau di e-commerce lain lagi nggak ada promo biasanya pegi-pegi suka kasih potongan 10-50rb ya lumayanlah. Maskapai Citilink sendiri udah include pemeriksaan antigen di Kimia Farma terdekat, terakhir cek lion air juga udah gratis pemeriksaan antigen, tapi tetap bandingkan dengan maskapai lainnya ya, not forget to mention skyscanner.
  2. Booking Hotel, tekniknya sama kaya diatas cuman menurut pengalaman gw, kalau mau bayar pakai rupiah paling murah di Agoda (tiket.com harus diskon gede-gedean dulu baru lebih murah dari Agoda) tapiiiii yang paling murah sih di Airbnb. Jadi saran gw, alokasi dana untuk hotel tabungnya dalam bentuk USD aja (nabungnya di Jenius, kalau nggak jadi liburan malah bisa jadi investasi valuta asing wkwk). Oiya trik tambahan untuk agoda, jangan lupa cek promosi di apps-nya plus misalnya kalian dapat harga 350rb permalamnya di hotel A pada tanggal B, coba deh kalian googling hotel tersebut dan sesuaikan tanggal menjadi tanggal B, dan liat harga agoda di halaman google tersebut. Umumnya akan jauuuuh lebih murah, bisa jadi cuman 320rb permalamnya. Lumayankan? Rekomendasi hotel lombok : Lumi Gili Trawangan dan Origin Lombok. Rekomendasi hotel Bali : Villa Tirtam Ubud dan The Blue Loft Bali (yang ini udah include motor loh).
  3. Akomodasi lainnya, berhubung gw di Bandung jadi kalau mau kemana-mana harus ke CGK dulu yauda belilah yang ada cashbacknya kemaren pakai Red-White Primajasa Shuttle bus dan booking di RedBus. Mengenai akomodasi selama di tempat liburan, biasanya gw mengandalkan rekomendasi dari teman yang tinggal di daerah tersebut atau google. Ini beberapa rekomendasi gw untuk kalian yang akan pergi ke Lombok-Bali, insya Allah oke. Shuttle Bandara-Pelabuhan Bangsal, Sewa motor Lombok, dan Sewa mobil Bali.
  4. Experiences, nah ini coba deh beli di traveloka experience lebih lengkap dari pada punya tiket.com atau kalian bisa cek di shopee (tahun lalu gw ke GWK dan nonton tari kecak di Uluwatu juga beli dari shopee, murah tanpa ngantri). Untuk rekomendasi tempat bisa cari di trip advisor atau lonely planet kalau mentok yauda google aja.

Budget dan Itinerary

Itinerary itu mengikuti budget bukan sebaliknya!

Jadi tentukan dahulu budgetnya lalu breakdown per hari agenda kalian.

Template Budget and Itinerary.xlsx

Ini template untuk mengatur budget dan menyusun agenda ya, jika bingung email aja ya . Selamat mencoba!