Dulu sebelum Corona melanda dunia, gw salah satu dokter yang paling lama edukasi penyakit yang diderita pasien kalau sedang praktek di poli bisa sampai 30-45 menit, kadang 1 jam kalau masalah kesehatan mental. Sekarang? bye bye fever!. Berawal dari kerinduan akan "cerewetin orang" mungkin ada baiknya jika dituangkan dalam tulisan selain bisa bermanfaat untuk kalian, juga untuk menjaga kewarasan gw.

Kualitas Tidur di Masa Pandemi

Pandemi COVID-19 yang memaksa setiap individu untuk beraktivitas didalam rumah ternyata melahirkan fenomena tidur yang beragam, beberapa orang melaporkan dirinya mengalami gangguan tidur akan tetapi tidak sedikit yang mengalami peningkatan kualitas tidur.

Seperti yang diketahui bahwa tidur merupakan kegiatan yang crucial untuk membantu otak berkerja dengan maksimal, menjaga kesehatan fisik dan mental serta optimalisasi fungsi sistem imun. Studi di tingkat molekuler menunjukkan kualitas tidur akan mempengaruhi fungsi sitokin dalam melawan penyakit.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penurunan Kualitas Tidur

  1. Perubahan Aktivitas
  2. Kecemasan akan nasib selama dan setelah masa pandemi
  3. Stres dan depresi yang ditimbulkan oleh limitasi aktivitas diluar rumah dan kelelahan
  4. Meningkatnya screen time

Solusi Agar Tidur Berkualitas di Masa Pandemi

Rutinitas Tidur

Tentukan waktu tidur dan bangun yang sama setiap harinya disarankan untuk bangun jam 5 pagi dan tidur tidak lebih dari jam 11 malam. Perlu diingat, orang dewasa membutuhkan waktu 7-8 jam agar bisa berfungsi optimal dan hindari tidur siang lebih dari 20 menit.

Selain itu, sediakan waktu yang cukup sebagai pengantar tidur sebagai contoh satu jam sebelum tidur kalian sudah mempersiapkan suasana tidur seperti meredupkan/mematikan lampu, jaga suhu ruangan tidak terlalu dingin/panas, dan kurangi kegiatan. Terakhir jikalau kalian tidak bisa tidur, segera bangun dan berpindah tempat serta lakukan aktivitas kecil seperti membaca buku, hindari pengunaan gadget lainnya.

Aktivitas di Rumah

Walau dirumah saja trick your mind dengan tetap mandi dan berpakaian rapi, makan dan kerja diwaktu yang sudah ditentukan serta wajib luangkan waktu untuk berolahraga, saran sih di pagi hari selain mood booster juga untuk mencukupi pembentukan vitamin D dengan katalisator cahaya matahari.

Asupan Gizi dan Informasi

Makanan bergizi dapat meningkatkan kualitas tidur, berhentilah makan 3 jam sebelum jam tidur serta hindari konsumsi kafein jika sudah diatas jam 3 siang. Batasi juga informasi yang membuat kalian cemas dan pastikan sumbernya dapat dipercaya. Terakhir hubungi dokter jika perlu (or text me if you know my number).

Stay Healthy, Stay Happy!  

Resource : Sleep Foundation