Mendengar kata "promo" siapa sih yang tidak senang? Tidak hanya memudahkan untuk berhemat dari segi material tapi juga dari segi waktu. Kali ini gw akan membahas beberapa promo yang tiap minggu, bulan bahkan harian yang dipakai serta pengaplikasiannya.

Disclaimer : Tidak tersponsori oleh siapapun kecuali oleh kantong sendiri.

Promo yang digunakan umumnya untuk memenuhi kebutuhan non-fresh atau ready to eat jadi hal ini tidak mengugurkan kegiatan belanja bulanan (sayur, buah dan susu) atau memasak (kadang sih). Beberapa pemberi promonya bahkan sudah biasa kita gunakan sehari-hari walau hampir seluruhnya cukup untuk 2 individu saja tapi ada beberapa promo lebih untung jika berempat/berlima.

Bulanan/Mingguan

Mostly, promo digunakan untuk membeli barang-barang kebutuhan yang habis pakai hitungan bulan seperti sabun, sampo, detergen, pewangi atau persediaan dapur lainnya (dalam bentuk kemasan).

1. blibli.com‌‌‌‌

Blibli

2. JD.ID

jd.id

3. Tokopedia

Tokopedia

4. Shopee

Shopee

Empat platform diatas adalah online shop tersering yang digunakan, dan plusnya mereka semua memberikan ongkir gratis. Oke selanjutnya kita bahas langkah berbelanja hematnya, yaitu:

1. Pilih 1 online shop

Pilih satu online shop mana yang harganya paling oke untuk membeli semua barang yang ada dilist kalian, caranya cukup dengan screening keempat platform diatas.

2. Gunakan kalkulator

Sebagai contoh website blibli.com gw akses tanggal 2 Oktober 2020 ada promo minyak goreng 2 L dengan harga 140 ribu untuk 6 packnya kalau dihitung-hitung sekitar 23.300/pack. Kalau mau lebih ribet lagi, contoh tissue A 2 ply 900gr harga 10rb dengan tissue B 2 ply 1 kg harga 11rb, manakah yang lebih murah? Tissue A = Rp. 11,11/gr dan tissue B = Rp. 11/gr sehingga lebih jelas yang manakan yang lebih murah #wink.

3. Bandingkan dengan harga toko offline

Karena di Bandung gw seringnya belanja di Griya Yogya jadi gw akan cek langsung di online storenya, sometimes tidak semua online shop itu jauh lebih murah dan pastikan belanja di official store ya.

Order, selesai!

Harian

Go food dan Grab food adalah penyelamat hidup dengan pengeluaran biaya makan perbulan untuk berdua dikisaran 1,2-1.5 jt dengan porsi 2x makan sehari (brunch and supper) atau sekitar 40-50rb/hari.

Dari segi promo, Grab lebih banyak variasinya walaupun kedua platform tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tapi di artikel ini gw akan mengajarkan kalian cara memaksimalkan hal tersebut.

1. GoFood by GOJEK

Go-Food

Diatas ini adalah contoh dari promo gofood, yang gw pakai adalah diskon 30% (max 30rb) dengan minimal pembelian 25rb. Mereka juga mempunyai diskon 10rb (jarang gw pakai) untuk biaya ongkir jikalau periode promo ini sudah berakhir dan terus akan berulang secara periodik. Frekuensi beli makanan di gofood jauh lebih jarang dibandingkan grabfood, kecuali mereka nggak jual di grabfood contohnya my fav boba MIXUE!

2. Grab Food

Seperti yang kalian bisa cek sendiri di aplikasi masing-masing, Grab menawarkan hingga 80 promo berbeda akan tetapi 4 promo diataslah yang paling sering gw pakai.

Hemat 50% (max discount 50rb dengan min pembelanjaan 50rb) merupakan promo yang paling menguntungkan, hanya dengan Rp. 52.400 bisa makan seharian penuh untuk berdua.  Kalau gw memutuskan untuk membeli menu berbeda antara brunch dan supper gw akan memilih promo 30-35% atau yang mirip dengan ketentuan max discount 30rb dengan min pembelanjaan 40rb sesuai dengan tawaran promo tiap merchantnya. Jika tidak ada promo apapun, terpaksa hanya pakai promo ongkir saja.

Semoga membantu!