Sebagai anak pertama plus merasa tua, gw suka nasihatin adik-adik yang akan masuk kuliah, memang sedikit terkesan menggurui tapi niatnya ingin memberi "clue" agar siap memasuki dunia perkuliahan nantinya. Beberapa hal dibawah ini gw terapin sendiri selama gw kuliah kedokteran, hasilnya? Alhamdulillah.

Mindset

Sadarlah, bahwa kuliah beda jauh dengan sekolah. Menyandang predikat mahasiswi/a berarti harus sudah punya visi akan masa depan. Mandiri, bertanggung jawab, mengenal diri a.k.a self-love (tahu tentang kelebihan dan kekurangan) dan punya standar.

Asah hard-skill, perdalam soft-skill

Pahami dengan benar pelajaran yang kalian dapat dibangku kuliah. Cari cara belajar yang tepat. Berpikir kritis, bagaimana caranya? Tanyakan "kenapa" pada semua hal yang kalian pelajari.

Perdalam soft-skill, terlibat organisasi, jangan menghindar dari konflik, jadi generasi solutif. YouTube, podcast, dan medsos bisa jadi media pembelajaran hard-skill maupun soft-skill.

High standard

IPK semester pertama WAJIB setinggi mungkin. Dengan target IPK yang tinggi, kalian akan berusaha untuk paham terhadap materi perkuliahan. Terutama hal ini akan melatih kebiasaan baru yaitu belajar lebih cermat agar jauh lebih paham.

Selain itu, ini juga sebagai "cap" untuk diri kalian, bahwa kalian bisa. Biasanya (pengalaman gw) semester 3 dan 4 adalah semester dengan nilai IPK terburuk selama masa perkuliahan. Sehingga IPK semester awal ini bisa jadi pengingat bahwa kalian mampu untuk bangkit dan kembali on track.

Please, don't compare yourself to others, bandingkan diri kalian yang sekarang dengan sebelumnya. Dengan ini kalian akan tahu, apakah kalian berkembang.

Mistake is no longer failure

Apapun kesalahannya selama kalian bangkit, hal tersebut bukanlah suatu kegagalan. Gagal jikalau kalian menyerah.

Keep it down to earth

Bukan kita yang hebat tapi Allah yang memudahkan

Organisasi

Selain melatih soft skill yang nggak akan diajarin dikelas. Organisasi juga membuka wawasan dan memperkaya sudut pandang. Tips paling penting, ikut organisasi saat kuliah semester 2. Semester 1, waktunya kalian mengenal tentang diri kalian. Cara belajar yang efektif, skala prioritas, ngatur jam tidur, apapun itu yang intinya untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

Teman

Salah satu bagian paling crucial dalam hidup. Bertemanlah dengan semua orang, tapi hanya bergaul dengan yang kalian pilih. Pilihlah dengan bijak, karena biasanya nasib kalian akan mirip dengan nasib teman baik kalian. Teman kalian cerdas, kalian akan ikut cerdas. Teman kalian "bermasalah", tunggu saja kapan kalian juga akan ikut "bermasalah".

Dulu waktu gw koas, gw cuman minta 1 sama Allah. Dimana aja RS nya asal temannya. Alhasil gw dan semua teman gw lulus tepat waktu, memuaskan, dan bahkan sekarang banyak hal yang bisa dibanggakan dari mereka semua. So be wise.

Allah Dan Keluarga

Gw rasa nggak ada yang perlu dijelaskan untuk dua alasan paling penting dalam hidup.

Last, You're enough, Good luck!