Sebelum bicara lebih jauh tentang kenapa kuliah MBA, mari kita samakan persepsi dulu tentang kata MBA. Kepanjangan dari MBA adalah Master of Business Administration atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Magister Administrasi Bisnis. Di Indonesia sendiri ada beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jalur pendidikan MBA ini, antara lain adalah MBA ITB, Universitas Brawijaya, dan IPMI International Business School. Dari ketiga Universitas ini IPMI merupakan pelopor pendidikan MBA di Indonesia yang telah ada sejak 1984, kemudian disusul MBA ITB dan Universitas Brawijaya.

Back to topic, Kenapa kuliah MBA?

Ada beberapa orang yang bilang bahwa kuliah MBA itu cuma ngabisin uang, Yes It’s True. Kuliah MBA emang mahal jika dibandingkan dengan jurusan-jurusan lain, tapi tentunya ada harga ada kualitas. Salah satu alasan kenapa kuliah MBA mahal adalah karena di dalamnya kita akan belajar banyak hal tentang bisnis.

“Kalo itu doang ga usah kuliah juga bisa”,

Faktanya emang kita bisa belajar dimanapun sebenarnya. Tapi yang membedakan adalah kuliah MBA itu kita akan diajari dan dihadapkan dengan berbagai macam kasus-kasus nyata di dunia bisnis yang telah diadopsi untuk dijadikan sebagai bahan ajar kuliah MBA. Selain itu, dalam praktiknya di akademik pasti telah disusun struktur mata kuliah yang akan membantu mahasiswa untuk mempelajari tahap demi tahap.

Dalam proses perkuliahan biasanya dosen-dosen MBA ini sering mendatangkan dosen tamu yang merupakan para praktisi bisnis di Indonesia. Mereka biasanya diundang untuk membagikan ilmu dan pengalaman mereka di dunia bisnis yang dijalaninya. Kegiatan ini lah yang mungkin susah didapatkan di jurusan-jurusan lain. Di MBA ITB malah ada program MBA yang di khususkan untuk orang-orang yang sudah mempunyai bisnis, program ini akan di bimbing oleh para mentor yang merupakan pakar bisnis di Indonesia.

Jadi, Apa yang dipelajari mahasiswa MBA?

Ini adalah contoh mata kuliah di MBA ITB

Semester 1

  1. Marketing Management
  2. Operation Management
  3. Business Economic
  4. Accounting

Semester 2

  1. Strategic Decision Making and Negotiation
  2. People In Organization
  3. Finance

Semester Pendek

  1. Business Strategy
  2. Business Ethic and Law

Semester 3
Tergantung Pilihan Peminatan

  1. General MBA
  2. Marketing
  3. Finance
  4. Operation
  5. Business Strategy

Kalau dilihat, mata kuliah MBA diatas ini lengkap banget kan, karena memang mahasiswa MBA itu dituntut mengerti dari segala macam sisi bisnis. Mahasiswa MBA ini kadang dituntut jadi seperti mahasiswa hukum, kemudian jadi ekonom, dilain waktu dituntut jadi HRD yang harus ngerti orang. Salah satu karakter yang yang harus dimiliki adalah adaptasi, dan rajin. Kalau kamu merasa orangnya adapatif dan rajin, kuliah MBA ini cocok buat kamu.

Penjelasan diatas hanya sebagai gambaran umum tentang kuliah MBA di Indonesia, perbedaan mata kuliah maupun jurusan peminatan tergantung dari masing-masing Universitas. Untuk lebih lengkapnya bisa cek di link berikut ini:

MBA ITB

IPMI

Brawijaya