Gw mulai menuliskan ini tepat lima jam setelah selesai ujian susbtansi akademik dan kebangsaan LPDP, masih kerasa pusing serta perasaan campur aduk antara lega dan deg-degan hasilnya apa. Anyway, ditulisan ini gw akan menjelaskan mudah-mudahan cukup detail untuk kalian yang tertarik ikut seleksi beasiswa LPDP di periode selanjutnya.

Dig Deeper

Banyak banget beasiswa diluar sana, mulai dari beasiswa untuk SMA hingga S3 yang ditawarkan baik dari lembaga pemerintah, universitas, swasta dari pihak Indonesia maupun lainnya serta dengan misi/tujuannya masing-masing. Nah LPDP ini salah satunya, LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan merupakan salah satu jenis Beasiswa Pendidikan Indonesia. Jadi kalian yang mau cari beasiswa untuk program non degree, D4, S1, S2 hingga S3 bisa pilih sesuai dengan kriteria dan kebutuhan kalian (cek dibawah). Kali ini gw hanya akan membahas tentang beasiswa S2 LPDP ya #wink.

Halaman Daftar 

Setelah membuka website LPDP paling kanan atas ada menu "Beasiswa" yang kalau kalian klik akan menunjukkan pilihan seperti dibawah ini.

Sebelum kalian daftar WAJIB hukumnya untuk baca dan pahami terlebih dahulu tentang "Kebijakan Beasiswa dan Unduhan" karena didalamnya tertulis lengkap panduan mendaftar beasiswa, daftar perguruan tinggi yang bekerja sama dengan LPDP, jadwal seleksi hingga ketentuan lainnya. LPDP sendiri membagi beasiswa S2/S3 menjadi tiga kategori besar, yaitu :

1. Beasiswa Afirmasi dikhususkan untuk individu yang berkebutuhan khusus atau individu yang berdomisili di daerah afirmasi atau individu prasejahtera.

2. Beasiswa Targeted dikhususkan untuk PNS, TNI, POLRI atau kewirausahaan (ada juga khusus untuk santri)

3.  Beasiswa Umum dapat diambil oleh seluruh individu yang tidak memenuhi kriteria diatas atau individu yang ingin berkuliah di Perguruan Tinggi Utama Dunia alias Universitas Top Dunia atau individu yang mengajukan Co-Founding.

Setelah menentukan untuk memilih beasiswa yang mana barulah kalian mengunduh dokumen tersebut. Beasiswa umum adalah jalur seleksi beasiswa yang dipilih, sehingga gw akan mengunduh dokumen berikut :

Panduan Pendaftaran, Beasiswa Umum

  1. Booklet Beasiswa Reguler Tahun 2021 Tahap 2
  2. Booklet Beasiswa PTUD Tahun 2021 Tahap 2
  3. Booklet Beasiswa Co Funding Tahun 2021 Tahap 2

Daftar Perguruan Tinggi Tujuan, Beasiswa umum

  1. Dalam Negeri - Beasiswa Reguler 2021
  2. Luar Negeri - Beasiswa Reguler 2021
  3. Luar Negeri - Beasiswa PTUD 2021

Tahun 2021 ini, LPDP membuka dua tahap atau dua batch seleksi beasiswa yaitu pada bulan Mei dan Agustus dengan jadwal seleksi sebagai berikut :

Setelah memutuskan pilihan kategori seleksi yang akan diambil, saatnya mulai memahami persyaratan umum dan persyaratan khusus (booklet beasiswa) yang memastikan apakah kalian eligible untuk menjadi salah satu awardee LPDP, mencakup IPK, hasil IELTS/TOEFL, LoA, Surat Rekomendasi dan lain-lain, baca dengan teliti ya.

Selain itu, cek juga apa saja dokumen atau kelengkapan administrasi lainnya untuk mendukung proses seleksi beasiswa tersebut. Perlu diingat setiap tahunnya ketentuan LPDP berubah-ubah sehingga kalian harus selalu update ya.

Time to Apply!

Buatlah akun, isi dengan lengkap dan benar data diri serta data keluarga kalian, pastikan kalian mengunggah foto profil dengan ketentuan yang dijelaskan. Tips Gwendry saat ujian, interview, foto atau apapun itu yang ditujukan untuk hal formal selalu memakai baju nuansa biru yang dipercaya memancarkan aura profesional. Setelah itu "Daftar Beasiswa" untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya. Ditahap inilah kalian diminta untuk mengisikan secara online beberapa hal yaitu :

  1. Jurusan kuliah, universitas dalam/luar negeri serta periode perkuliahan
  2. Upload dokumen pendukung
  3. CV serta essai

Ketiga hal diatas akan coba gw jelaskan satu persatu setelah gw mengajak kalian untuk melakukan renungan sejenak.

Mindset

Sebelum memulai, gw akan menggugah hal yang paling mendasar. Seberapa kenalkah kita akan beasiswa yang akan kita ajukan ini? Bingung?. Emang penting ya? Jelas, mengenal karakteristik dan tujuan dari beasiswa yang akan kita ajukan sangat berpengaruh terhadap rangkaian kata, sudut pandangan serta pemilihan sisi yang akan kalian tuangkan pada penulisan CV dan essai kalian.

LPDP merupakan beasiswa pemerintah Indonesia yang tahun ini mengangkat tema "SDM berkualitas, Indonesia Maju" didalam visi misinya LPDP memiliki tujuan untuk mencetak SDM berkualitas yang memiliki jiwa pemimpin serta mempunyai visi misi akan Indonesia di masa depan.

Bagaimana? Hanya dengan mengetahui karakteristik, tujuan akhirnya kita dapat mengambil kesimpulan akan tema dan keywords penting yang dicari oleh LPDP untuk calon awardeenya kan?

Ketiga keywords diataslah yang wajib kalian pegang untuk modal menuliskan CV, essai serta interview nantinya. Tak lupa, apa makna yang kalian dapat dari paragraf panjang diatas? Yes, giving back to the community. Tips Gwendry, tema dan tujuan diatas seperti gajah dipelupuk mata, sering di mention di web, booklet, judul seminar atau bahkan IG tapi kita luput akannya. Gampangnya, cari kata-kata yang diulang-ulang terus #ThankMeLater.

Pemilihan perkuliahan

Pertanyaan selanjutnya yang gw ajukan adalah "Apa karir yang kalian dambakan serta apa skill gap yang kalian rasakan yang keduanya bisa terbantu dengan LPDP memberikan kalian kesempatan untuk sekolah kembali?" Jawaban dari pertanyaan inilah yang menentukan seberapa urgent kalian untuk mengambil pendidikan lanjutan sekaligus menjawab pertanyaan yang lebih simple tapi paling utama yaitu "Apa tujuan lo sekolah lagi?". Kalau kalian sendiri belum tahu, bisa jadi karena memang belum perlu untuk melanjutkan pendidikan atau karena kalian belum melakukan kontemplasi.

Pertanyaan dari jawaban tersebut juga yang membantu menentukan jurusan serta universitas mana yang akan kalian ambil. Kalau masih bingung universitasnya at least kalian udah tahu jurusannya karena selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah mencari tahu dan memvalidasi rangking universitas dinilai dari jurusan yang akan kalian ambil. Jangan sebaliknya, misal uni A rangking 1 tapi untuk jurusan yang kalian ambil rangking 45.

Upload Dokumen

Semua yang di upload wajib asli atau sudah terlegalisir ya, hanya ada tujuh dokumen kok yaitu ijazah S1, transkrip nilai, IELTS/TOEFL, KTP, surat rekomendasi, surat keterangan diperbolehkan mendaftar bagi karyawan dan surat pernyataan beasiswa pendidikan Indonesia (wajib kembali ke Indonesia). Tips Gwendry untuk surat rekomendasi mintalah kepada atasan langsung serta pembimbing skripsi yang benar-benar mengetahui dari cara kerja hingga karakter pribadi kalian karena dianggap cukup valid dalam memberikan rekomendasi mengingat beliau semua pernah bekerja/membimbing kita secara langsung dan itu yang paling penting.

CV dan Essay

CV maupun essay ini berupa isian online tapi Tips Gwendry, selalu copy dan kerjakan di MsWord agar memudahkan kalian dalam edit, proof read maupun words count lainnya. Mari kita bahas satu-persatu:

CV

  1. Kekuatan/kelebihan yang dimiliki
  2. Kelemahan/kekurangan yang dimiliki
  3. Pengalaman membanggakan
  4. Pengalaman kurang membanggakan
  5. Hal terakhir yang diajarkan pada diri sendiri
  6. Kesalahan yang pernah dilakukan selama belajar/bekerja
  7. Tugas diluar ruang lingkup yang seharusnya
  8. Pembeda dari peserta lainnya
  9. Riwayat pendidikan
  10. Riwayat pekerjaan
  11. Pengalaman organisasi
  12. Prestasi
  13. Kemampuan Bahasa
  14. Pengalaman pelatihan/workshop
  15. Pengalaman riset
  16. Karya ilmiah
  17. Konferensi dan seminar
  18. Penghargaan

Dalam menjawab pertanyaan nomor 1-8 gunakan metode STAR, gali lebih dalam dan banyak-banyak merenungkan apa saja pengalaman yang kalian pernah alami. Ingat disini bukan seberapa besar atau megahnya pengalaman tersebut tapi seberapa besar makna yang terkandung didalamnya, jangan lupa untuk memunculkan empat kriteria diawal tadi dalam jawaban kalian ya. Bagi pertanyaan nomor 9-18 isilah selengkap dan se-related mungkin dengan jurusan yang kalian ambil serta persiapkan buktinya saat interview nanti.

Essay

Tips Gwendry, kalimat pembuka dan penutuplah yang akan memberikan kesan kuat, pikirkan baik-baik apa yang akan kalian tulis di dua kesempatan ini. Selain itu jangan mengulang ide penulisan (persis seperti writing IELTS). Antarparagraf mengalir dengan baik dan memiliki benang merah yang jelas. Tetap bubuhkan empat hal wajib yang sudah kita bahas di mindset tadi.

Tahun ini para pendaftar beasiswa LPDP diminta menuliskan 2 essai yaitu :

Komitmen kembali ke Indonesia dan rencana kontribusi di Indonesia pasca studi (1500-2000 kata). Tips Gwendry, gw membagi setidaknya setiap sub pertanyaan berisikan 250 kata dan pastikan lebih dari 1500 ya, amannya 1550 kata deh. Mari kita bahas sub pertanyaan satu persatu :

  1. Deskripsikan diri Saudara, kalimat utama selalu gw sampaikan dengan membubuhkan hal yang personal, kalian bisa memulai dari perisitiwa yang bermakna besar, omongan orangtua, kata motivasi atau bahkan kutipan. Deskripsi diri yang akan gw tuangkan disini tergantung dengan sub pertanyaan dari nomor-nomor selanjutnya, kenapa? karena pertanyaan "deskripsikan diri saudara ini" sangatlah luas, kita bisa mengangkat dari berbagai sudut pandang. Mengingat kita harus membuat essai yang enak dibaca yang terdapat benang merah antarparagrafnya, serta setelah ditelaah pertanyaan selanjutnya mengarah ke pembahasan mengenai masalah yang dihadapi, jurusan kuliah yang ingin diambil, mimpi, peran serta cara mewujudkannya, sehingga gw akan menggunakan sudut pandangan perkenalan diri dari sisi akademik serta pengalaman kerja yang related ke hal tersebut.
  2. Deskripsikan masalah urgent yang sedang dialami oleh Indonesia ataupun lingkungan sekitar Anda dan solusi penyelesaian yang Anda tawarkan, menjawab pertanyaan ini sangatlah personal karena inilah saatnya menuangkan hal yang mengugah kalian untuk kembali bersekolah berikut solusi buah pemikiran kalian. Menuliskan paragraf ini kalian bisa mencari inspirasi dari pengalaman, membaca penelitian, mengikuti seminar dan bahkan berdiskusi dengan objek utama permasalahan tersebut. Gw sendiri malah banyak ide-ide yang muncul setelah menulis, OOT dikit kalau kalian tertarik mengenai cara penulisan yang baik nonton Tere Liye deh > link
  3. Deskripsikan pentingnya ilmu yang akan Anda ambil dan bagaimana ilmu dan Anda dapat berkontribusi dalam penyelesaian masalah yang terjadi, karena tahu gw akan menuliskan mengenai program studi dan universitas yang gw pilih di essai personal statement serta dari pertanyaannya saja mengarahkan untuk membahas lebih dalam duduk permasalahan yang diangkat dipertanyaan sebelumnya sehingga pada paragraf ini gw tuliskan mengenai penjabaran ilmu yang akan menjawab permasalahan yang gw hadapi. Jadi cari tahulah dalam-dalam mengenai akar permasalahan yang kalian deskripsikan di pertanyaan sebelum ini.
  4. Deskripsikan mimpi saudara tentang Indonesia masa depan, ceritakan mimpi kalian tentang Indonesia dengan metode SMART, ingat keywords!.
  5. Deskripsikan peran apa yang akan saudara lakukan, ceritakan apa peran yang mau kalian emban setelah nantinya pulang ke Indonesia dengan metode SMART. Tidak bosan-bosan, keywords! Kalian harus pandai menyisipkan keywords secara ekspilisit maupun implisit ya!
  6. Deskripsikan cara saudara mewujudkan mimpi tersebut, elaborasi paragraf ini sehingga menopang kuat pernyataan kalian diparagraf-paragraf sebelumnya dan tutup dengan "punch line" terbaik yang menyakinkan pembaca bahwa kalian pantas diberi kesempatan untuk menjadi salah satu awardee LPDP.

Personal Statement (1000 - 1500 kata), LPDP tidak membuat baku isi penulisan di essai ini sehingga gw mengadaptasi sub-bab dibawah yang merupakan hasil dari mengobrak-abrik google, blog, youtube dan instagram. Jadi terserah kalian ya mau di isi apa, yang jelas mencakup perjalanan karir dan akademi yang berhubungan dengan "mengapa pantas menjadi awardee LPDP" dengan sedikit sentuhan personal.

  1. Pembuka/Deskripsi diri
  2. Pengalaman kerja dan didalamnya terdapat masalah yang dihadapi sehingga menjadi titik awal berkeinginan untuk melanjutkan S2
  3. Pengalaman atau bukti yang mendukung kesuksesan studi jika melanjutkan S2
  4. Program studi yang dapat menjawab masalah yang dihadapi
  5. Pengaruh atau dampak apa yang bisa diberikan kepada Indonesia/LPDP jika menjadi awardee LPDP dan sebaliknya
  6. Penutup/Punch line meyakinkan

Gw rasa sub pertanyaan diatas cukup menjelaskan apa isi yang harus kalian tulis dan tak bosan-bosannya gw mengingatkan keywords!. Essai LPDP ini bisa menjadi draft essai beasiswa/pendaftaran sekolah yang nantinya terus berkembang dengan update-update ilmu atau pengalaman yang kalian dapatkan, jadi tidak usah membuat dari nol lagi untuk seleksi beasiswa/sekolah lainnya.

Seleksi Substansi Akademik dan Kebangsaan

Begitu dinyatakan lulus seleksi administrasi hal pertama yang gw lakukan adalah cari info group WA/Telegram pendaftar LPDP, tujuannya cuman satu yaitu mencari info seleksi substansi akademik dan kebangsaan itu seperti apa, dan benar saja gw langsung ketemu telegram groupnya. Dari telegram group ini banyak banget dapat info mengenai jenis-jenis soalnya, terus seminar-seminar bersama awardee LPDP dan juga tips trick lainnya, jangan khawatir bagi yang males buka telegram, adminnya dengan baik hati juga membuka WAG.

Ini semua sangat bermanfaat terutama buat gw yang senang belajar bareng dan jangan lupa juga untuk sering-sering cari info mengenai cara mengerjakan soal-soal seleksi substansi akademik dan kebangsaan ini di youtube ya.

Saran terakhir, ambil ujian di pagi hari dimana otak kita masih fresh dan sedang fokus-fokusnya. Saat ujian, begitu melihat soalnya susah langsung skip dan pindah ke soal lain, ujian ini soalnya susah (lebih susah dari tes cpns kalau kata temen-temen gw) dan waktunya sangat padat, jadi bener-bener kalian harus berlatih efisiensi waktu. Kalau waktu sudah mau habis, isi semua jawabannya walau ngasal setidaknya ada kemungkinan bisa bener, toh kalau salah tidak ada sistem minus kok.

Semoga yang membaca artikel ini mendapatkan manfaatnya ya, gw doakan semua hasil yang didapatkan merupakan jawaban terbaik dari Allah SWT, karena itu lebih penting. Doakan gw juga ya! oiya feel free to hit me on IG or email [email protected] for further discussion, Good Luck on Us!

Free Pics : People vector created by pikisuperstar - www.freepik.com